Akhirnya setelah 8,5 tahun, si sastro harus service besar alias turun mesin alias overhaul. Mesin terasa tidak enak. Terasa sekali lahernya kasar. Sepertinya laher-laher pada kruk-as (crankshaft) dan camshaft harus diganti. Semoga crankshaft-nya belum melintir, semoga setang seher-nya masih oke.
Berikut diagram dari crankshaft fizr :
Hasil search di google, untuk bearing ternyata yang bagus mereknya SKF. Harganya juga terjangkau.
Contoh SKF Enduro C3 :
Contoh SKF Enduro C4 :
Misalkan SKF 6301 RSl/C3 MT47.
- Angka 6 menyatakan laher itu pakai tipe ball bearing (laher model bola)
- Angka 3 menerangkan seri dimensinya. Angka ini menunjukkan 3 hal: diameter, tebal dan tinggi. Untuk kode contoh di atas, berarti, laher itu berdiameter luar 37 mm dan tebal punggung 12 mm.
- Angka 01 menunjukkan ukuran lingkar dalam laher 12 mm. 00 (10) mm, 01 (12 mm), 02 (15 mm), 03 (17 mm), 04 (20), dan 05 (25 mm).
- RS, singkatan dari rubber seal. Penutup laher yang digunakan terbuat dari karet. kalau Z, berarti penutup dari bahan metal. 2RS, berarti kanan-kiri ditutup karet. 2Z berarti kanan-kiri ditutup logam.
- C3 menunjukan kerenggangan (clearance) antara pelor dan dinding punggung bagian dalam. Makin besar angkanya, berarti toleransi kerenggangan antarkomponen bearing makin besar pula. Misalkan C3, jika digoyang lebih ngoklok dibanding C2. C3 cocok untuk harian, C5 cocok untuk racing.
- MT47. MT singkatan Medium Temperatur. Kemampuan pelumas bisa bertahan pada suhu –300 sampai 1100 C.
Bearing untuk si sastro adalah :
Yah hanya ada bearing untuk kruk as yaitu SKF Enduro 6205 /C3VC104 atau 6205 TN9/C4LVC476. Dua bearing (laher) lainnya tidak jelas :p . Harga bearing ini juga belum jelas, kemaren di jawa 70 ribu sepasang. Trus ada yang bilang 100 ribu sepasang. Kalau di Bandung berapa yah? Ada yang tahu toko sparepart motor yang murah??
Update
Wuih akhirya dapet juga tuh SKF Enduro 6205 /C3VC104 seharga 48 ribu di bengkel :
NAGARIAN MOTOR
BATAS KOTA
Jl. SUDIRMAN No 841 A TLP (022) 6071591.
Saya keluar-masuk bengkel sepanjang jalan antara polres ujungberung sampai simpang dago, terus sepanjang jalan pungkur ngga ada yang jual!!. Cape tapi asik berburu bearing hehehehehe.
Di Jln Pungkur ada toko khusus bearing, yang tersedia :
- SKF Explorer C3 made in france, 35 ribu.
- FAG yang 30 ribu
- FAG yang 110 ribu
- FAG yang racing, 250 ribu
Ternyata ada toko/counter SKF di jalan peta, tepatnya di ruko kopo plaza.
Terus yang ditawarkan oleh bengkel cahaya sindanglaya 150 ribu !. Wah….
Ada info kalau di pasar cikapundung lantai bawah, harga onderdil lebih murah. FAG racing 250 rb bisa ditawar hingga 200 rb.
Bro memilih bearing yang simple gimana? Saya baca di atas cuma ngerti pilih yang c3, lainnya tidak ngerti, tolong kasih saran dong. Motor saya f1z-rr thn 2002, mesti ganti bearing krn sudah berisik banget dan tidak nyaman nih
ReplyDeletecari aja skf c3 yg asli, ciri2nya diatas. Kalau yg c4 buat racing, suaranya berisik
DeleteOm minta daftar kode bearing nya donk
ReplyDeleteAplikasi itu dapet dari mana om ??
ReplyDeleteaplikasi google search :D
Delete