Sunday, May 24, 2015

Oli Samping Boros Tapi Kok Piston Tetap Macet?

Dulu banyak yang menanyakan kenapa piston motornya tetap macet walau oli samping diboroskan? Dulu saya hanya bisa jawab "oli sampingnya kurang boros", karena saya tidak pernah mengalami. Tapi kini saya mengerti setelah memindahkan oli samping dari pompa oli ke langsung dicampur kedalam bensin di tanki.

Awalnya akibat pompa oli mampet karena tersumbat busa (entah dari mana) sehingga tidak ada aliran oli samping ke karburator. Hasilnya piston dan liner rusak, setang seher pun koclak. Akhirnya konsumsi oli di pompa saya iritkan jadi setengahnya, setengah sisanya langsung campur ke dalam bensin di tangki.

Nah kalau motor itu dibejek habis di jalan layang pasopati kemudian turun tanpa digas, biasanya piston kemudian macet. Analisanya adalaj motor meluncur pada kecepatan 90 - 110 km/jam pada gigi 4 tanpa digas. Akibatnya supply bensin minimal, oli samping dari bensin juga minimal. Jadi pasokan hanya setengah dari pompa oli yang dipompa oleh kruk mesin. Padahal putaran mesin sangat tinggi dan kondisi juga overheat, jadilah macet pistonnya. Kejadian piston macet ini baru terjadi setelah pembagian setengah oli samping ke dalam bensin. Sebelumnya saat pasokan 100% dari pompa oli, belum pernah terjadi hal seperti ini.

Jadi solusinya bagaimana?

1). Fungsikan 100% pompa oli samping.
2). Kalau oli samping dicampur dalam bensin dan motor meluncur kencang tanpa digas, gunakan kopling agar piston tidak bekerja didorong roda. Tapi akibatnya tidak bisa pakai engine break.

6 comments:

  1. Mas, apa ini benar :
    Pompa olsam baut 12 cuman memperbanyak/memperkecil volume olsam yg keluar sedangkan setelan olsam yang dikabel mempercepat/memperlambat olsam yang keluar.
    Mohon tanggapannya Mas, tks

    ReplyDelete
  2. Iyah itu betul. Bengkel biasanya menentukan laju oli samping dengan cara menentukan oli samping netes sekali tiap 5 hitungan(detik) mesin stasioner. Berarti settingan cuman pakai baut 12. Sedangkan setelan kabel mungkin ibarat tuas bukaan keran air.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan.mau nanya ni.
      kemarin buka karbu f1zr saya.terus udah pasang semua tinggal selang oli samping nya,, tapi lupa mau pasang dimana soalnya di situ ada 2 lubang..
      Bingung saya...
      Terus gimana ciri2 kalau olo samping nya dah jalan.
      Mohon pencerahannya

      Delete
    2. Gan.mau nanya ni.
      kemarin buka karbu f1zr saya.terus udah pasang semua tinggal selang oli samping nya,, tapi lupa mau pasang dimana soalnya di situ ada 2 lubang..
      Bingung saya...
      Terus gimana ciri2 kalau olo samping nya dah jalan.
      Mohon pencerahannya

      Delete
  3. Selang oliya gantigan yang kecil dari pompaoli ke karbulator ganti pake selang impusan jadi tau jalan enggaya so selang impus bening apalagi kalo oliya pakeya yg merah seperti idimissu gasoli gitu ajasih saran dari saya

    ReplyDelete