Thursday, December 25, 2014
[F1ZR] Tua Tua Keladi (All About Yamaha F1ZR)
Motor Fizr thn 2000 ku ini yang tua-tua keladi. Motor obsolete ini ternyata masih banyak mania-nya.
Spesifikasi Fizr dari kaskus :
( Originally Posted by senju )
Engine
Type……………………………………… 2-stroke
Bore x Stroke………………………… 52,0 x 52,0 mm
Displacement……………………….. 110,4 cc
Compression Ratio………………….. 7,1 : 1
Clutch………………………. Manual, Wet, Multi Plate
Cylinder………………………… One, Horizontal
Transmission Gear …………………. 4 Speed
Gear Operation System……………….. N-1-2-3-4
Carburation………………………. VM 20 X 1 MIKUNI
Oil Capacity…………………………… 1,2 lt
Battery…………………………. GM5Z-3B/YB5L-B/12V5AH
Spark-plug…………………… BP 7 HS-10/W 22 FP-10
Ignition System……………………. CDI
Chassis
Weight-Tank Empty…………………. 95 kg
Chassis Type……………………….. Pipe
Fuel Capacity………………………. 4,5 lt
Wheelbase……………………………. 1.190 mm
Minimum Ground Clearance…………….. 135 mm
Seat height………………………………. 750 mm
Suspension/Tires
Front Suspension……………………. Telescopic
Rear Tyre…………………………. 2.75-17-4 PR
Front Tyre………………………. 2.50-17-4 PR
Performance
Dimension (LxWxH)………….. 1.870 x 670 x 1.040 mm
Starter………………………… Kick & Electric
Maximum Power………………….. 10,7 PS / 7500 rpm
Maximum Torque……………….. 1,10 KGF.M / 6500 rpm
Breaking system
Front Brake…………………….. Drilled Disc
Rear Brake……………………… Drum
Download Manual FIZR disini
Motor ini sebenarnya banyak kelebihannya :
1. Mudah perawatannya dan jarang mogok/rewel
2. Konsumsi bensin 1:25 sampai 1:50 , tergantung setting karburator, gaya driver-nya dan lalu-lintas.
3. Top Speed standar 115-120 kpj, akselerasi asik.
4. Lincah manuvernya.
5. Mesin bandel dan kuat, dipakai sering PP bdg-bms selama 8 tahun cuman mogok 2 kali. Yang pertama gara-gara pake lem di cylinder head seal, jadinya sealnya jebol karena overheat. Yang kedua mati spul-nya, udah uzur dan kecapean sih.. udah 8 tahun.
Update : spul jalan imitasi cuman tahan 1 tahun, jebol lagi di sekitar ciamis.
Cuman gara-gara ada “gerakan 4 tak – isasi”, yamaha menghentikan produk ini. Dan harganya jatuh jadi 2-3 jutaan. Fizr bekas paling mahal 5-6 jutaan kalau kondisinya apik sekali. Hingga tahun 2007, Fizr pun lenyap dari jalanan bandung. Setiap kali PP rumah-kantor jarang sekali saya lihat fizr lain. Mulai 2008, baru deh Fizr ini bermunculan lagi walau cuman 2-3 buah.
Satu-satunya kekurangan si xatro ini adalah kok rasanya sudah tidak pantas yah.. seorang bapak-bapak MT masih menunggangi FizR :D . Hahahaha. Kalau dari segi apapun yang lain, si xatro ini sih asikk banget.
Kelebihan lainnya adalah mudah sekali dioprek buat lari. Ada beberapa jenis oprekan :
1. Minimalis, cukup jetting (setting karburator) saja sudah bisa ngacir sampe 115-120 kpj.
2. Korek Harian (kohar), sedikit gedein lubang intake-outake, papas piston head, jetting dgn PJ (Pilot Jet) 25 MJ (Main Jet) 135, makin ngacir lagi deh.
3. Korek balap, wah ini bisa korter cylinder blok, ganti klaher2, ganti kampas kopling, karburator di reamer (lubang karbu yg masuk ke intake di gedein), dsb.
Punya saya blok standard tidak dikorek, hanya OS 50, knalpot standard (Ypang nya disimpan… berisik suaranya sih). PJ 22,5 PJ 17,5 MJ 135, Ban 2.75 FDR Flamengo depan-belakang, busi racing dan coil kitaco, sproket 15-37 bisa tembus 125 km/h di fly-over. Premium antara 1 : 30 dan 1 : 40, tergantung riding style.
Beberapa info dari forum kaskus tentang fizr :
Spesifikasi Karburator FizR
Pilot Jet std = 17,5
Main Jet std = 135
Diameter Venturi 20 mm
Untuk Kohar :
Pilot Jet std = 22.5 – 25
Main Jet std = 135
Tips jetting dari kaskuser underbone :
Tutup angin sampe pol.. jaga rpm mesin sampe stabil.. jgn ketinggian rpmnya.. dan usahakan jgn sampe mati mesinnya,,, klo dah di pantengin gasnya… coba puter perlahan” anginnya sampe rpmnya naik sendiri… nah klo rpmnya sudah terdengar agak stabil dan ga mau naik lagi… stop muter anginnya… dan tutup lagi anginnya 1/4 putaran.
Busi Standar FizR
NGK BP7HS-10 , BP7HVX
Wah ternyata tidak boleh pakai sembarang busi racing. Pengalaman pertama pakai NGK BPR7HGP (platinum, 37 rb) lebih buruk dari TDR 481B (25 rb). Pakai TDR 481B fizr jauh lebih bertenaga dan lebih irit bensin, top speed dan akselerasi jauh banget. TDR 481B ini sebetulnya pengganti dari NGK BP8HS yang susah didapat. BP8HS setype dengan BP7HS. Hanya BP8HS lebih baik pada suhu tinggi.
Menghitung Volume Cylinder
V = 3,14 x DP x DP x S : 4.
Dimana DP = Diameter Piston (Bore) dan S = Stroke Efektif (langkah kruk as efektif).
contoh :
Fizr standar, Bore = 52mm, Stroke = 52mm –> Volume cylinder =110,37 cc
Fizr Over Size (OS) 50, Bore = 52,5mm, Stroke = 52mm –> Volume cylinder = 112,51 cc
Fizr Over Size (OS) 100, Bore = 53mm, Stroke = 52mm –> Volume cylinder = 114,66 cc
Fizr Over Size (OS) 200, Bore = 54mm, Stroke = 52mm –> Volume cylinder = 119 cc
Penyebab mesin getar :
– Klaher Kruk as yang sudah oblak
– Stang seher yangg aus
– baut mesin yang tidak kencang
Ciri-ciri stang seher rusak
– suara mesin berisik dari arah bawah
Estimasi biaya ganti stang seher dan klaher (oleh underbone):
- Ongkos turun mesin sekitar Rp. 100 rb
– Stang seher Rp 105 – 150 rb.
– Klaher Kruk As Rp 100 rb sepasang, pake skf c3
– Seal Kruk As Rp 35 rb
– Paking Full Set Rp 50 rb
– Oli mesin Rp 25 rb
– Karet kopling Rp 35 rb
Penyebab motor kurang tenaga :
– salah jetting
– Ring seher aus
Gejala Spul Jalan (spul assy) mau mati :
– motor hidup ndet-ndetan seperti ada air dalam karburator.
– Jika mesin dingin, motor hidup lancar. Setelah panas, hidupnya ndet-ndetan lagi. Dinginkan mesin, hidup lancar lagi. Setelah panas lagi, hidupnya ndet-ndetan lagi. Kalau hal ini terjadi segera ganti spul set semuanya, jangan cuman ganti pulser. Spul jalan imitasi harganya 70 rb – 85 rb, kuat beberapa bulan hingga setahun. Spul jalan original Japan dijual terpisah dari pulsernya, harganya 275 rb. Spul jalan yamaha lokal harganya 245 rb sudah lengkap pulsernya.
Penyebab F1zr susah hidup
Kalau pengapian oke, busi oke(baru) tapi tetap susah hidup walau sudah dichoke, cek kepala busi. Kalau kelihatan basah kemungkinan karena oli sampingnya ngaco. Gunakan selalu oli standard JASO FC seperti Yamalube, Enviro dan Castrol JASO FC (harga 25 – 30 rb). Kalau kepepet atau harus ngirit, bisa gunakan Evalube API TB (14 ribuan).
Tulisan lain tentang F1ZR :
http://warunglontongsayur.blogspot.com/2014/12/f1zr-cara-kerja-kopling-non-full-clutch.html
http://warunglontongsayur.blogspot.com/2014/12/f1zr-ganti-kampas-kopling-fr.html
http://warunglontongsayur.blogspot.com/2014/12/f1zr-sastro-ganti-piston.html
Labels:
Yamaha F1,
Yamaha F1Z,
Yamaha F1ZR,
Yamaha force
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Om, kalo mesin dingin dinyalin langsung nyala tapi kalo tarik gas mati. Dihidupin nyala lagi dan tari gas mati lagi. Tapi kalo udah panas baru bisa nyala. Ngatasinnya gimana tu om?
ReplyDeleteItu bisa gejala dari membran/lidah di intake manifold nya om .
DeleteYah memang begitu kalau masih dingin, apalagi setelannya bensin irit. Solusinya setelan bensin dibuat agak boros. Bisa dgn cara puter baut udara karburator sebanyak 1-2 putaran searah jarum jam, atau ganti pilot jet yg lebih gede.
ReplyDeleteCara paling gampang yah jangan gas dulu, biarkan panas dulu, biarkan stabil dan tarik gas pelan2 jangan sampai mati.
ReplyDeleteOke deh., makasih om.
ReplyDeleteOm mau tanya... ini motor piss ane. Klo d putaran rendah gigi 1 klo d keber mbrebet... tp klo udah msuk 2 k atas g ad mslah smp 120kpj. n d putaran rendah suara mesin kasar krepek2 gt. ap krn slah setting karbu ato mslah lain... thx om
ReplyDeleteGan.mau nanya ni.
ReplyDeletekemarin buka karbu f1zr saya.terus udah pasang semua tinggal selang oli samping nya,, tapi lupa mau pasang dimana soalnya di situ ada 2 lubang..
Bingung saya...
Terus gimana ciri2 kalau olo samping nya dah jalan.
Mohon pencerahannya
Lubang oli samping di badan karburator, kalau di badang manipol itu lubang untuk narik kran bensin
DeleteKalau mesin hidup stasioner, oli samping pastikan menetes; 1 tetes per 5 detik. kalau tidak menetes, mungkin buntu,atau gigi pompa oli sudah bundar / ompong
Hi I'm looking for a Yamaha f1zr or just after an engine from a Yamaha f1zr but with all attachment parts that are needed to run the engine . Can anybody help me further?
ReplyDeleteHi I'm looking for a Yamaha f1zr or just after an engine from a Yamaha f1zr but with all attachment parts that are needed to run the engine . Can anybody help me further?
ReplyDeletebos numpang tanya,knapa busi motor sya slalu basah,kta tmn2 ring sehernya kna tp ko kompresi msh gde,trs klo oli smping jg sdh sya pampet,mohon jawabannya...thanks
ReplyDeleteknp busi mtr f1zr sya cpt basah,....
ReplyDeleteBos numpang tanya,,,motor ane ko setiap di pake gak bisa jalan jauh,kurang lebih 200 meter mogok di hidupin hidup lagi jalan 200 meter mogok lagi kya gitu terus bos,mohon pencerahanya ......thanks
ReplyDeleteBos mau nanya motor saya ko tiap jalan 200meter mati di idupin hidup tapi ya 200meter mati lagi itu kenapa yah,,,mohon pencerahannya.......thanks
ReplyDeletespul jalan sudah rusak
Deletemau tanya mas pengapion oke busi oke businya kok slalu basah besin kira2 apnya ya mas f1zr saya.....
ReplyDeletebensin keborosan atau oli samping terlalu boros.
DeleteKlo f1zr saya klo mau ngidupin harus di pancing/di cop dulu pake tngan di karburatornya,baru mau nyala.tpi itu sebntr mati lagi.trus nyalainya d cop lagi bntr mati lagi begtu trus.itu apanya ya om?
ReplyDelete