Friday, December 26, 2014

[F1ZR] Sastro Ganti Piston


Setelah sastro lulus uji ngebut sampai 110 kpj dengan mulus, saatnya sastro ganti piston. Sumber getar mesin yang hebat memang laher kruk-as dan setang seher. Sekarang kalau dibawa ngebut diatas 80 kpj sudah tidak bergetar hebat lagi, alussss. Cuman sekarang suara mesin berisik dari blok mesin, tanda ada masalah di piston dkk. Pagi ini sastro kembali ke masuk bengkel Yank’s motor III (Jl Raya Ujungberung no 129 Bandung) depan apotik kimia farma. Kupilih over size 50. Wah biayanya murah abis tuh.

Biaya ganti seher :
1 Korter 20 ribu
2 Seher Fizr Original os 50 36 ribu
3 Ring Seher Original 64 ribu
4 Top set seal (blok,silinder head, knalpot) 8 ribu
Total biaya ganti seher 128 ribu


Belum ongkos-nya yah, kebetulan ngga cuman ganti piston saja. Tapi juga perbaikan rem cakram depan yang blong, ganti kampas rem belakang, ganti pedal rem (pedal lama-nya bengkok), ganti seal perslening.

Biaya lain-lainnya :
1 Karet Master Rem 15 ribu
2 Oli Rem 5 ribu
3 Seal Perslening 5 ribu
5 Kampas Rem 25 ribu
5 Pedal Rem 15 ribu
6 Oli Samping Shell 26 ribu
7 Ongkos 50 ribu
Total biaya lainnya 141 ribu


Masuk jam 9 pagi keluar jam 3 sore, lalu ku-reyen menuju cicalengka, balik lagi menuju kantor. Selama reyen kupantheng pada kecepatan 60 kpj. Reyen selama 1,5 jam menempuh 56 km. Hasilnya mantap deh. Perbaikan yang cukup makan waktu adalah pada rem cakram depan, kurang lebih 2,5 jam. Tapi hasilnya top, rem pakem dan tuasnya keras seperti 9 tahun lalu saat baru beli. Ditarik dikit saja langsung jet ngerem deh. Masalah rem yang kurang pakem ini sebenarnya aku sudah minta diperbaiki di bengkel lama awal april lalu, tapi yah cuman digenjot-genjot sebentar dan hasilnya tidak memuaskan. Dan akhirnya seminggu lalu malah jadi blong.

No comments:

Post a Comment