Senin tgl 8 Desember 2010 lalu saya membawa f1zr ke purbalingga. Hari berikutnya saya main ke bengkel Rohman. Mas Rohman memang langganan saya ngoprek motor sejak SMA. Saya ditawari korekan yang kencang tapi irit. Oke saya terima, biayanya 125 rb.
Walah selain memperbesar dan porting lubang intake-outtake, juga dibuat 4 lubang berdiameter 3 mm menembus liner! Aduh ini mekanik mengacaukan prinsip kerja 2 tak :p . Bener saja motor saya jadi loyo diputaran atas. Gigi 1 – 3 memang normal dan bertambah tenaganya, terasa menghentak. Mungkin kalau pakai kopling manual bisa buat standing. Tapi gigi 4 nya mentok di 100 km/jam ! Weleh… yg tadinya gampang naik ke 120 km/jam kok malah jadi loyo. Sayang hari sudah sore dan hujan lebat. Tidak ada waktu untuk ngoprek lagi. Esok harinya pun saya sudah harus balik ke bandung.
Selama perjalanan ke bandung, hujan lebat terus menerus. Setelah 4 jam kehujanan, tangan sampai keriput menggigil kedinginan, saya pun nyate di cihaeur ciamis. Wah satenya besar2 dan empuk, plus segelas kopi hitam panas. Setelah istirahat 1 jam kembali berhujan-hujanan menuju bandung, sampai dirumah 3 jam kemudian.
Hari kamis berikutnya baru saya bisa test motor di fly-over waktu berangkat ke kantor. Benar saja, biasanya di fly-over fizrku dengan entengnya speeding sampai 120-125 km/jam. Tapi kali ini 105 km/jam pun ngos-ngosan. Padahal konsumsi bensinnya sama borosnya.
Siangnya saya periksa tutup blok, weleh mur blok kiri atas maju 2 cm ! Ini adalah critical error yang berbahaya. Mur maju menandakan :
-Pada sudut itu, tutup blok tidak terpasang kencang
-Tekanan/kompresi yang kuat bisa menyebabkan kebocoran pada sudut yang tidak terpasang kencang
-kebocoran menyebabkan pemanasan berlebihan pada seal dan mur blok, ditambah dengan getaran mesin, maka mur bisa maju lepas dari blok (lubang baut blok jadi sleg, rusak). Kalau lubang baut blok sleg, mur lepas maka kompresi bocor besar-besaran. Selanjutnya tenaga mesin drop. Dan kalau mesin mati, tidak bisa hidup lagi. Kalau sudah sleg yah blok musti dibawa ke bengkel bubut. Lubang baut sleg pada blok fizr sering terjadi, maka rajin-rajinlah memeriksa panjang mur blok. Pastikan keempat mur blok panjangnya sama, tidak ada yang menonjol.
Dan JANGAN PERNAH PAKAI LEM walaupun pakai lem tribond, apalagi lem adhesive. Lem tidak dirancang untuk menahan kompresi tinggi pada suhu yang sangat panas pada proses pembakaran bensin.
Tutup blok pun kubuka, yah tribond yg dipakai tidak melekat lagi. Periksa seal blok belakang, waduh dipasang rangkap ! Pantes kompresi kurang dan tenaga loyo ! Beginilah kalau mekanik tidak mengerti perhitungan kompresi . Penggunaan seal rangkap berarti memajukan blok sekitar 1 mm, berarti memperbesar ruang bakar. Mari kita hitung kompresi-nya :
Lingkar terbesar pada head silinder adalah 52 mm, maka luasnya adalah : 2123,7 mm2. Karena blok maju 1 mm, maka terdapat penambahan volume ruang bakar sebanyak 2123,7 mm2 x 1 mm = 2,213 cc ! dan kompresinya menjadi :
(110,4 + 12 + 2,213)/(12 + 2,213) = 8,77 !
Padahal kompresi sebelumnya adalah :
(110,4 + 12)/(12) = 10,2
Belum akibat penggunan lem yang mempertebal seal head silinder yang akhirnya juga memperbesar ruang bakar.
Jadi blok harus turun untuk penggantian seal2 blok. Kali ini hanya dipakai sebuah seal belakang blok, seal silinder head tanpa lem.
Hari berikutnya saat berangkat ke kantor, test lagi di fly over.. yes terasa kembali gigi 4 bertenaga dan mencapai 115 km/jam. Tapi kok bensinnya minum yah??? hampir 1 liter buat 16 km hahahahhahaha. Jetting ! Yah harus jetting(setting karburator) lagi. Saat jetting baru ketahuan kalau kabel gas ditarik keatas, jadi jarum needle jet tak pernah bisa jatuh menutup rapat. Mesin hidup terus walau baut bukaan bensin diputar kekanan habis. Seharusnya kalau baut bukaan bensin diputar kekanan, jarum needle jet bergerak turun. Dan kalau jarum turun terus hingga menutup lubang, maka mesin mati. Ini mesin nggak mau mati hahahaahaha, pantas saja jadi bertenaga banget di gigi 1-3 .
Akhirnya sastro sudah normal, bisa lari 120 km/jam tapi irit! Sekitar 1 : 35. Apalagi kalau drive style-nya dibuat smooth, ngga pakai rpm tinggi, ngga pakai full throtlle, konstan di gigi 4 pada 40-50 km/jam. Pasti lebih irit lagi. Kemarin malah berangkat ke kantor pakai bensin minim, dari rumah jarum bensin sudah di merah, sampai dikantor saya cek tangki bensin.. hampir kering isinya. Padahal rada ngebut dan full throtlle di fly over. Hahahahahaha. Kayaknya sih gampang diset buat bisa lari 125 km/jam lagi, tinggal dibuat agak boros jettingnya. Tapi mungkin lebih baik main jet-nya saja yang digedein, jadi cuman minum kalau pas full throtlle saja.
Untung saya perbaiki sendiri, kalau saya perbaiki di rohman mungkin solusinya papas head! Hahahahahaha.
Sama seperti pengalaman saya bro, jadi bagai mana solusinya bro....???
ReplyDeleteIya sobat.. Kayaknya sama dgn firz d rumah.. Kencang bensin tapi larisnya gos bosan .
ReplyDeleteHabis belum ada mekanik yang bisa menormalkan brow.. Dalam kenal semua sobat pencinta fizr
Kalo pas lagi bawa 100km tiba" mesin blow eengine mati ttotal om itu knapa ya?
ReplyDeleteTruss pas di coba nyalahin seret+bau sengit asap knalpot
Minta saran om .
Pas lagi 100km tiba" mesin blow engine mati total,pas coba di nyalahin seret+bau sengit asap itu knapa ? Sarann nya dong om
ReplyDeleteoverheat dan oli samping kurang atau tidak cocok.
DeleteSiang om knp ya di saat lagi muatan kecepatan 80km tiba tiba kurang bettenaga mesin blow..setelah aku mati in mesin mulai jalan namun asap ngebul..ad ap dengan motor fizr saaya..saranya donk om ..
ReplyDeletering seher macet lanjut rusak, kemungkinan boringnya lecet/baret
ReplyDeleteSore om, fizr sya tahun 97, setiap saya langsam pasti suara mesin gak enak d dengar, ada suara gear tanpa oli mesin gitu,,
ReplyDeleteTolong saran nya om
Ini om saya mau nanya fiz r saya ini baru dibubut 100 terus selesai... Nah gini kenapa motor saya gak bisa langsam saat idel dan klo digas brebet abis gak bisa lari sama sekali . Apa lagi klo digas full malah loyo kalo dipasang filter udara.. Tapi kalo filer udara dibuka memang joss.. Tapi Soalnya saya gak suka suara filter dibuka.. Mau ditutup filternya. Tolong solusinya pecinta fiz .. Terimakasih
ReplyDeleteItu pake karbu 24 KW? Saya dulu pernah pakai karbu PE 24 KW gejalanya sama begitu, susah langsam dan mbrebet kalau filter udara dibuka. Solusinya balik lagi ke karbu ori.
Deleteini saya pake karbu ori.. kalo filter ditutup loyo.. tapi klo filter dibuka memang jos tenaganya... tetapi saya gak suka filter dibuka kelihatan banget motor race jadinya
Deleteini saya pake karbu ori.. kalo filter ditutup loyo.. tapi klo filter dibuka memang jos tenaganya... tetapi saya gak suka filter dibuka kelihatan banget motor race jadinya
DeleteBox filterny pasang saja, tapi lepas busa filternya. Suaranya normal kok.
DeleteSudah mas tapi masih tetep loyo kalo digas langsung full.. Tapi kalo digas dikit demi sedikit mau sih lari.. Apalagi ya mas
Deletememang gitu karakternya mesti diurut gasnya, soalnya torsinya di rpm tinggi. Kalau rpm masih rendah yah loyo. Diurut buat naikan rpmnya, kalau mau cepat yah sambil dikopling.
DeleteWah gak bisa buat ngedrag dong mas klo musti diurut dulu
DeleteBisa sih, pakai clutch otomatis tapi dibuat selip. Jadi mesin selalu rpm tinggi :D . Atau latihan setengah kopling, masuk gigi kalau rpm agak tinggi :D . Atau porting buat torsi di rpm rendah tapi habis napasnya di top speed. Gedein lubang exhaustnya. http://warunglontongsayur.blogspot.com/2016/01/pengalaman-porting-block-f1zr.html
DeleteItu motor galaknya kalau rpmnya sudah tinggi kan?
DeleteIya mas bener klo rmp tinggi galak bisa terbang wkwkwk... Berarti ini exhaustnya yo yang digedein
DeleteUkuran besarinnya berapa mas
DeleteSaya ngga hapal ukurannya. Coba baca ini dulu :
Deletehttp://warunglontongsayur.blogspot.com/2016/01/pengalaman-porting-block-f1zr.html
Perkalian block fiz r itu bagaimana mas atara pemasukan pembakarn dan pembuangan... Udh saya baca blognya gak ada hitungan perkalianya
DeleteUdah saya baca mas.. Tetapi gak ada perkalian antara pemasukan pembakarn dan pembuangan ya.. Cara hitung masuk bakar sama buangnya gimna
Deletesy ngga tahu, coba oprek di bengkel balap yang pengalaman.
DeleteOo yaudah makasih mas terimakasih
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletemas Fiz-r Saya kan tahun 2004, nah itu motor kemarin saya kurang tenaga nya nah saya ingin nambah tenaga nya itu gimana mas? harus ganti blog nya apa dioprek aja yahh mas?
ReplyDeleteMisi mas hadir lagi... Saya mau nanya kenapa ya fiz r saya selalu ceket saat dijajal gas poll selama 4-5 detik
ReplyDeleteMakasih salam kenal pecinta 2 tak
Oli samping kurang banyak atau kurang bagus. Saya pakai mesran enviro(jasi FC) atau mesran super(jasi FB). Oh yah, pelumasan oli samping paling baik pakai pompa bukan dimasukkan ke bensin tangki. Oli samping dalam tangki bensin hanya buat tambahan saja.
DeleteSaya punya fiz r mas, kemarin lumayanlah untuk harian dengan blok standar os 75, cdi udah bukan ori lagi. Udah diganti cdi biasa(harga 50rb).. Nah karna udah ada modal mas, akhirnya nekad buat korek blok+head+karbu saya dibengkel yg terpercaya mas urusan 2 tak.. Selesai dikorek semua, ketika saya pasang di motor saya ehh malah gak bertenaga mas, serasa cuma angin doang, sama sekali loyo (mungin paling kenceng 40 km/jam) nah pertanyaan saya mas apakah itu pengaruh dari cdi nya yg kurang cocok setelah mesin sudah dikorek?? Karna cdi yg saya pake jauh dibawah standar.. Apakah harus diganti dg yg ori fiz r?? Mohon dijawab mas. Makasij
DeleteSaya punya fiz r mas, kemarin lumayanlah untuk harian dengan blok standar os 75, cdi udah bukan ori lagi. Udah diganti cdi biasa(harga 50rb).. Nah karna udah ada modal mas, akhirnya nekad buat korek blok+head+karbu saya dibengkel yg terpercaya mas urusan 2 tak.. Selesai dikorek semua, ketika saya pasang di motor saya ehh malah gak bertenaga mas, serasa cuma angin doang, sama sekali loyo (mungin paling kenceng 40 km/jam) nah pertanyaan saya mas apakah itu pengaruh dari cdi nya yg kurang cocok setelah mesin sudah dikorek?? Karna cdi yg saya pake jauh dibawah standar.. Apakah harus diganti dg yg ori fiz r?? Mohon dijawab mas. Makasij
DeleteSepertinya salah korek atau hilang kompresi.
ReplyDeletemalam mas, mau nanya, poswan ane kok kalau lagi dihidupin karbunya dingin banget ya, kayak ada penguapan, trus kalau lagi di gigi 3 suka ngempos gak bertenaga,apalagi di tanjakan
ReplyDelete1. Karbu dingin = normal
Delete2. Nanjak pakai gigi 3 ngempos = normal hahahahaha
Siang mas saya punya force one di custom body fiz r utk roadrace,waktu gigi 1,2 pas di bwa ngebut loncat2 kek ngehentak enak gigi 3 kadang ngehentak juga tpi gigi 4 waktu di gaspoll kek loyo gitu paling 95 km/jamlangsung saya kopling eh malah lengket habistu saya kopling lgi loncat tpi klo gitu terus rugi gear saya mas minta saran mas
ReplyDeleteSiang mas saya punya force one di custom body fiz r utk roadrace,waktu gigi 1,2 pas di bwa ngebut loncat2 kek ngehentak enak gigi 3 kadang ngehentak juga tpi gigi 4 waktu di gaspoll kek loyo gitu paling 95 km/jamlangsung saya kopling eh malah lengket habistu saya kopling lgi loncat tpi klo gitu terus rugi gear saya mas minta saran mas
ReplyDeletebro.. fiz r saya di gigi 2 rada ngedrop.. apa yg oerlu di ubah..
ReplyDeletegigi 2 memang dekat gigi 3. Solusinya yah ganti gear transmisinya kalau ada :D
DeleteBang.kemarin saya seting setelan anginnya tapi malah mrebet.gimana cara nyeting baut anginnya bos .. tolong balas pecinta f1zr
ReplyDeleteSilahkan dipelajari videonya :
Deletehttps://www.youtube.com/watch?v=Qf9-fMWgG08
Punya saya , saat di ajak lari 2 KM aja udah mati . Saya ngajak larinya gass Pool pas 2km aja udah mati mesin nya kedengaran suara piston kasar kayanya tolong solusinya?
ReplyDeletengga bagus korterannya atau kurang oli sampingnya
DeletePunya saya , saat di ajak lari 2 KM aja udah mati . Saya ngajak larinya gass Pool pas 2km aja udah mati mesin nya kedengaran suara piston kasar kayanya tolong solusinya?
ReplyDeleteMtor force 1 sya kdang2 ngempos itu knpa yh?
ReplyDeleteoverheat
Deleteatau ring seher sudah oblag/baret
DeleteForce 1 sya kdang2 tenaga nya ngempos ga kuat jlan itu knpa yh?
ReplyDeleteSalam kenal pecinta fizr,aku ad msl sm motor fizr ku nh,klu pagi sama sore atau hbs berhenti lama ko susah hidupny yach,tlng solusiny sob....trims
ReplyDeleteseting karburator terlali irit, atau gunakan choke.
DeletePoswan saya gigi 2 gak brttenaga
ReplyDeleteGigi 2 nya memang loyo, gigi 2 dekat gigi 3 cocoknya buat lari. Solusinya yah ganti gear transmisinya kalau ada :D
Delete